PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( PTK Kelas V SD N Masaran 1 Kab. Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Masaran 1 Ka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DARMAYATI, LULU KESUMA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13073/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Masaran 1 Kab. Sragen yang berjumlah 25 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan 48%, 2) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan 16%, sesudah tindakan 72%, 3) keaktifan mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan 8%, sesudah tindakan 56%, 4) keaktifan siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 20%, sesudah tindakan 68%, 5) keaktifan siswa menyanggah atau menyetujui ide teman 12%, sesudah tindakan 72%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 48%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa 88%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.