PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( PTK Kelas V SD N Masaran 1 Kab. Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Masaran 1 Ka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13073/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair
share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima
tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Masaran 1
Kab. Sragen yang berjumlah 25 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah
keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat
dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan
sebesar 8%, sesudah tindakan 48%, 2) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-
soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan 16%, sesudah tindakan 72%, 3)
keaktifan mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan 8%, sesudah
tindakan 56%, 4) keaktifan siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 20%,
sesudah tindakan 68%, 5) keaktifan siswa menyanggah atau menyetujui ide
teman 12%, sesudah tindakan 72%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum
dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar
siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 48%, sesudah
tindakan prestasi belajar siswa 88%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga
berdampak pada peningkatan prestasi belajar. |
---|