UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN PERMAINAN BISIK BERANTAI SISWA KELAS 2 SD NEGERI NGROMBO 1 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan permainan Bisik Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ngrombo 1 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 siswa, sedangkan suby...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURNANTO , ARIF WIYAT
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13072/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan permainan Bisik Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ngrombo 1 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, tes/pemberian tugas dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan permainan Bisik Berantai kemampuan menyimak siswa meningkat. Hal itu ditandai dengan : 1) adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak, sebelum tindakan ada 50%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 2) adanya peningkatan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak sebelum tindakan 50%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 3) adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, sebelum tindakan ada 58,33%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 4) Adanya peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dari tercapainya target siswa (KKM) sebelum tindakan sebesar 58,33% sesudah tindakan mencapai 95,83%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan hasil belajar siswa.