UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN PERMAINAN BISIK BERANTAI SISWA KELAS 2 SD NEGERI NGROMBO 1 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan permainan Bisik Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ngrombo 1 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 siswa, sedangkan suby...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13072/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan
permainan Bisik Berantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri Ngrombo 1
Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 siswa, sedangkan
subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas II. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi,
tes/pemberian tugas dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi
yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dengan permainan Bisik Berantai kemampuan menyimak siswa meningkat. Hal
itu ditandai dengan : 1) adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti
pembelajaran menyimak, sebelum tindakan ada 50%, sesudah tindakan naik
mencapai 95,83%. 2) adanya peningkatan minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran menyimak sebelum tindakan 50%, sesudah tindakan naik mencapai
95,83%. 3) adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan,
sebelum tindakan ada 58,33%, sesudah tindakan naik mencapai 95,83%. 4)
Adanya peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dari tercapainya target
siswa (KKM) sebelum tindakan sebesar 58,33% sesudah tindakan mencapai
95,83%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan
hasil belajar siswa. |
---|