UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN PENGKOK I KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran index card match (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran index card match pada materi pecahan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13071/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran
matematika melalui strategi pembelajaran index card match (2) untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran index card
match pada materi pecahan.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas).
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 1 yang
berjumlah 42 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru
matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan
lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan model alur.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui strategi
pembelajaran index card match. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang
dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar yang mencapai kriteria
ketuntasan minimum (KKM) sebesar 44,29% dan diakhir tindakan mencapai
75,36%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran index card
match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|