PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah sis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIATI , DASIH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13070/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995782253740032
author PUJIATI , DASIH
author_facet PUJIATI , DASIH
author_sort PUJIATI , DASIH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Gondosuli yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90%, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27%, pada putaran I sebesar 36,36%, pada putaran II sebesar 72,72%, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27%, pada putaran I mencapai daya serap 45,45%, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13070
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13070 https://eprints.ums.ac.id/13070/ PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PUJIATI , DASIH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Gondosuli yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90%, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27%, pada putaran I sebesar 36,36%, pada putaran II sebesar 72,72%, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27%, pada putaran I mencapai daya serap 45,45%, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13070/8/Lampiran-Lampiran.pdf PUJIATI , DASIH (2011) PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070223
spellingShingle L Education (General)
PUJIATI , DASIH
PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi everyone is a teacher here dalam upaya meningkatkan hasil belajar ipa materi pesawat sederhana kelas v sd negeri 03 gondosuli tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13070/
work_keys_str_mv AT pujiatidasih penerapanstrategieveryoneisateacherheredalamupayameningkatkanhasilbelajaripamateripesawatsederhanakelasvsdnegeri03gondosulitahunpelajaran20102011