PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 03 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah sis...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13070/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas V SD Negeri 03 Gondosuli yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan
data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat dari
1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada
putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran
mencapai 90,90%, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan
tindakan sebesar 27,27%, pada putaran I sebesar 36,36%, pada putaran II sebesar
72,72%, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum
diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran
II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang
dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada
hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya
mencapai daya serap 27,27%, pada putaran I mencapai daya serap 45,45%, pada
putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi
belajar siswa mencapai daya serap 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|