STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13069/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995781984256000 |
---|---|
author | KURNIAWAN , DIKA FELANI |
author_facet | KURNIAWAN , DIKA FELANI |
author_sort | KURNIAWAN , DIKA FELANI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang
berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA
antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura
tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel
(2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada
pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil
belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya
pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan
hasil belajar IPA. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13069 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13069 https://eprints.ums.ac.id/13069/ STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 KURNIAWAN , DIKA FELANI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan hasil belajar IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/1/02._HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/8/09._LAMPIRAN.pdf KURNIAWAN , DIKA FELANI (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070214 |
spellingShingle | L Education (General) KURNIAWAN , DIKA FELANI STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | studi komparasi antara strategi pembelajaran number heads together nht dan student team achievement divisions stad terhadap hasil belajar ipa kelas iv sdn gumpang 01 tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13069/ |
work_keys_str_mv | AT kurniawandikafelani studikomparasiantarastrategipembelajarannumberheadstogethernhtdanstudentteamachievementdivisionsstadterhadaphasilbelajaripakelasivsdngumpang01tahunajaran20102011 |