STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWAN , DIKA FELANI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13069/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995781984256000
author KURNIAWAN , DIKA FELANI
author_facet KURNIAWAN , DIKA FELANI
author_sort KURNIAWAN , DIKA FELANI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan hasil belajar IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13069
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13069 https://eprints.ums.ac.id/13069/ STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 KURNIAWAN , DIKA FELANI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan hasil belajar IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/1/02._HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13069/8/09._LAMPIRAN.pdf KURNIAWAN , DIKA FELANI (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070214
spellingShingle L Education (General)
KURNIAWAN , DIKA FELANI
STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort studi komparasi antara strategi pembelajaran number heads together nht dan student team achievement divisions stad terhadap hasil belajar ipa kelas iv sdn gumpang 01 tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13069/
work_keys_str_mv AT kurniawandikafelani studikomparasiantarastrategipembelajarannumberheadstogethernhtdanstudentteamachievementdivisionsstadterhadaphasilbelajaripakelasivsdngumpang01tahunajaran20102011