STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: KURNIAWAN , DIKA FELANI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13069/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan hasil belajar IPA.