STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GUMPANG 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado em: |
2011
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/13069/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar IPA dengan menggunakan strategi NHT dan STAD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Gumpang 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang
berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA
antara strategi NHT dan STAD pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01. Kartasura
tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel
(2,710>1,670) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada
pembelajaran yang menggunakan strategi NHT (8,00) lebih tinggi daripada hasil
belajar menggunakan strategi STAD (7,40) atau terdapat selisih (0,60). Artinya
pembelajaran dengan strategi NHT lebih baik (lebih efektif) adalah meningkatkan
hasil belajar IPA. |
---|