UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. S...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MEILIASARI , ELLIS
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13067/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Gumpang 01 Kartasura yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 65 sebelum dilakukan tindakan adalah 43,1 % (19 siswa), pada siklus I sebesar 72,7% (32 siswa) dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 93,1% (41 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura.