UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. S...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: MEILIASARI , ELLIS
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/13067/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Gumpang 01 Kartasura yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 65 sebelum dilakukan tindakan adalah 43,1 % (19 siswa), pada siklus I sebesar 72,7% (32 siswa) dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 93,1% (41 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ludo dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri Gumpang 01 Kartasura.