PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURTINI , MURTINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13066/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995781170561024
author MURTINI , MURTINI
author_facet MURTINI , MURTINI
author_sort MURTINI , MURTINI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Tengklik II yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik trianggulasi dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengajukan pertanyaan/menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09% dan setelah tindakan 63,63%, 2) mencatat materi sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 75,75%, 3) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan 69,69%, 4) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan 18,19% dan setelah tindakan 60,60%, 5) mengerjakan PR sebelum tindakan 45,45% dan setelah tindakan 87,87%, 6) hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan meningkat menjadi 81,81%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran model SMS (Serius Mengerjakan Soal) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13066
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13066 https://eprints.ums.ac.id/13066/ PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011 MURTINI , MURTINI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Tengklik II yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik trianggulasi dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengajukan pertanyaan/menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09% dan setelah tindakan 63,63%, 2) mencatat materi sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 75,75%, 3) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan 69,69%, 4) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan 18,19% dan setelah tindakan 60,60%, 5) mengerjakan PR sebelum tindakan 45,45% dan setelah tindakan 87,87%, 6) hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan meningkat menjadi 81,81%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran model SMS (Serius Mengerjakan Soal) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13066/8/LAMPIRAN.pdf MURTINI , MURTINI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070183
spellingShingle L Education (General)
MURTINI , MURTINI
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title_full PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title_short PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
title_sort peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran model sms serius mengerjakan soal pada mata pelajaran matematika kelas iv sdn tengklik 02 kec tawangmangu th 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13066/
work_keys_str_mv AT murtinimurtini peningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswamelaluipembelajaranmodelsmsseriusmengerjakansoalpadamatapelajaranmatematikakelasivsdntengklik02kectawangmanguth20102011