PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SMS (SERIUS MENGERJAKAN SOAL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN TENGKLIK 02, KEC. TAWANGMANGU TH. 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13066/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika melalui
penerapan model SMS (Serius Mengerjakan Soal). Jenis penelitian ini adalah
PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas
IV SDN Tengklik II yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas
data, digunakan teknik trianggulasi dan validitas isi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada
pokok bahasan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1)
mengajukan pertanyaan/menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,09% dan
setelah tindakan 63,63%, 2) mencatat materi sebelum tindakan 33,33% dan
setelah tindakan 75,75%, 3) mandiri mengerjakan soal sebelum tindakan 27,27%
dan setelah tindakan 69,69%, 4) menjawab soal di depan kelas sebelum tindakan
18,19% dan setelah tindakan 60,60%, 5) mengerjakan PR sebelum tindakan
45,45% dan setelah tindakan 87,87%, 6) hasil belajar siswa yang mendapat nilai
≥ 60 sebelum tindakan 27,27% dan setelah tindakan meningkat menjadi 81,81%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran model SMS (Serius
Mengerjakan Soal) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika. |
---|