PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NGAGLIK, SAMBI, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terd...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/13065/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
Sažetak: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi tahun ajaran
2010/2011?
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi tahun
2010/2011 sebanyak 17 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif
dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 59,82
menjadi 65,76 pada putaran I dan meningkat lagi menjadi 71,41 pada putaran II.
Sedangkan dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai ≥
65 sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (17,65%), putaran I sebanyak 9 siswa
(52,94%), putaran II sebanyak 15 siswa (88,24%). Dengan demikian sebagian
besar siswa kelas V SD Negeri Ngaglik Sambi mengalami peningkatan hasil
belajar pada kompetensi dasar menghargai jasa dan peranan para tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan. |
---|