PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI TEKNIK JARIMATIKA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada bidang studi matematika ,dan 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui teknik berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kel...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/13064/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kemampuan berhitung siswa
pada bidang studi matematika ,dan 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa
melalui teknik berhitung jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Simo
Boyolali yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan
melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan
dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan : 1) pembelajaran matematika
dengan penerapan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung
siswa, yang meliputi a) kecepatan dalam melakukan perhitungan sebelum dilakukan
tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I sebesar 47,22% (17 siswa) dan di
akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33% (29 siswa), b) ketepatan siswa dalam
melakukan perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% (9 siswa), pada
siklus I sebesar 44,44% (16 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai
86,11% (31 siswa), c) kebenaran dalam proses pengerjaan sebelum dilakukan
tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I sebesar 38,89% (14 siswa) dan di
akhir pelaksanaan tindakan sebesar 86,11% (31 siswa), d) ketelitian dalam melakukan
perhitungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 19,44% (7 siswa), pada siklus I
sebesar 38,89% (14 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 86,11% (31
siswa), serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan teknik berhitung
jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari
banyaknya siswa mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 67 sebelum dilakukan tindakan
adalah 38,89 % (14 siswa), pada siklus I sebesar 66,67% (24 siswa) dan akhir
pelaksanaan tindakan mencapai 88,89% (32 siswa). Berdasarka hasil penelitian
tersebut teknik berhitung jarimatika dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan berhitung siswa yang
berakibat pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. |
---|