PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 DUKUH KECAMATAN NGARGOYOSO TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SD N 01 Dukuh y...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13063/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui
metode Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan
kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SD N 01 Dukuh yang
berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis
interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi energi panas dan bunyi. Hal
ini dapat dilihat dari 1) aktivitas siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan
sebesar 27,78%, pada siklus I sebesar 38,89 %, pada siklus II sebesar 50 %, di
akhir siklus mencapai 72,22 %, 2) menjelaskan materi di depan kelas sebelum
diadakan tindakan sebesar 0%, pada siklus I sebesar 33,33 %, pada siklus II
sebesar 66,67%, di akhir siklus mencapai 100%, 3) memberi tanggapan sebelum
diadakan tindakan sebesar 16,67%, pada siklus I sebesar 22,22%, pada II sebesar
44,44%, di akhir siklus mencapai 72,22 %, serta 4) mengerjakan soal secara
mandiri sebelum ada tindakan sebesar 44,44%, pada siklus I sebesar 50%, pada
siklus II sebesar 61,11%, dan di akhir siklus mencapai 88,89%. Hasil post test
yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan
hasi belajar IPA siswa pada materi energi panas dan bunyi. Sebelum diberikan
tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 16,67%, pada
siklus I mencapai daya serap 38,89%, pada siklus II mencapai daya serap 55,56%
sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 77,78%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Time Token Arends dalam
pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada
peningkatan hasil belajar.
|
---|