PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MANGGUNG 2 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru sebagai bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan variabel yang dipilih dalam penelitian ini adalah guru sebagai bimbingan konseling sebagai variabel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13061/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru sebagai
bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif, dengan variabel yang dipilih dalam penelitian ini
adalah guru sebagai bimbingan konseling sebagai variabel bebas dan kesulitan
belajar siswa kelas IV SDN Manggung 2 sebagai variabel terikat. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan
tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) bahwa kesulitan belajar siswa
disebabkan karena faktor kemampuan siswa dalam memahami materi, dalam
beberapa mata pelajaran siswa kurang antusias karena tidak memahami materi yang
diajarkan, (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar
adalah :faktor internal, faktor eksternal, guru tidak berperan dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian peran guru sebagai bimbingan konseling
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan dua metode yakni metode
individu dan metode kelompok sangatlah berpengaruh besar bagi siswa karena (1)
kesulitan belajar siswa dapat terpecahkan, (2) nilai siswa meningkat. |
---|