PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 yang berjumlah 45 siswa. Metode peng...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: SETYAWATI , MEGA
Natura: Tesi
Lingua:English
English
English
English
English
English
English
English
Pubblicazione: 2011
Soggetti:
Accesso online:https://eprints.ums.ac.id/13060/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
_version_ 1804995779799023616
author SETYAWATI , MEGA
author_facet SETYAWATI , MEGA
author_sort SETYAWATI , MEGA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 17,78%, setelah tindakan 75,55%, b) mengerjakan soal ke depan kelas, sebelum tindakan 33,33%, setelah tindakan 82,22%, c) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 26,67%, setelah tindakan 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13060
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13060 https://eprints.ums.ac.id/13060/ PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011 SETYAWATI , MEGA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 17,78%, setelah tindakan 75,55%, b) mengerjakan soal ke depan kelas, sebelum tindakan 33,33%, setelah tindakan 82,22%, c) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 26,67%, setelah tindakan 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/1/2._halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/15/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13060/25/Lampiran-Lampiran.pdf SETYAWATI , MEGA (2011) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070168
spellingShingle L Education (General)
SETYAWATI , MEGA
PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode numbered heads together nht untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran ipa kelas iv sd negeri wonorejo 1 tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13060/
work_keys_str_mv AT setyawatimega penerapanmetodenumberedheadstogethernhtuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadapembelajaranipakelasivsdnegeriwonorejo1tahunajaran20102011