PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 1 TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 yang berjumlah 45 siswa. Metode peng...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: SETYAWATI , MEGA
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/13060/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
Նկարագրություն
Ամփոփում:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 17,78%, setelah tindakan 75,55%, b) mengerjakan soal ke depan kelas, sebelum tindakan 33,33%, setelah tindakan 82,22%, c) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 26,67%, setelah tindakan 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA.