UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: RULIANTI, DWI
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/13059/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804995779523248128
author RULIANTI, DWI
author_facet RULIANTI, DWI
author_sort RULIANTI, DWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa: a) Keaktifan indra, sebelum tindakan 41,6%, siklus I 66,6%, siklus II 94,4%, siklus III 100%, b) Keaktifan akal, sebelum tindakan 36,1%, siklus I 69,4%, siklus II 77,7%, siklus III 86,1%. c) Keaktifan ingatan, sebelum tindakan 45%, siklus I 83,3%, siklus II 87,5%, siklus III 95,8%, d) Keaktifan emosi sebelum tindakan 41,6%, siklus I 80,5%, siklus II 88,8%, siklus III 97,2%,. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS) dapat meningkatakan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13059
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13059 https://eprints.ums.ac.id/13059/ UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 RULIANTI, DWI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa: a) Keaktifan indra, sebelum tindakan 41,6%, siklus I 66,6%, siklus II 94,4%, siklus III 100%, b) Keaktifan akal, sebelum tindakan 36,1%, siklus I 69,4%, siklus II 77,7%, siklus III 86,1%. c) Keaktifan ingatan, sebelum tindakan 45%, siklus I 83,3%, siklus II 87,5%, siklus III 95,8%, d) Keaktifan emosi sebelum tindakan 41,6%, siklus I 80,5%, siklus II 88,8%, siklus III 97,2%,. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS) dapat meningkatakan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/5/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13059/14/9._LAMPIRAN.pdf RULIANTI, DWI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070146
spellingShingle L Education (General)
RULIANTI, DWI
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran science enverionment tecnology and socienty pada mata pelajaran ipa kelas iv materi sumber daya alam sdn 2 tlobong delanggu tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13059/
work_keys_str_mv AT ruliantidwi upayameningkatkankeaktifanbelajarsiswamelaluipendekatanpembelajaranscienceenverionmenttecnologyandsocientypadamatapelajaranipakelasivmaterisumberdayaalamsdn2tlobongdelanggutahunajaran20102011