UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: RULIANTI, DWI
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2011
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/13059/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa: a) Keaktifan indra, sebelum tindakan 41,6%, siklus I 66,6%, siklus II 94,4%, siklus III 100%, b) Keaktifan akal, sebelum tindakan 36,1%, siklus I 69,4%, siklus II 77,7%, siklus III 86,1%. c) Keaktifan ingatan, sebelum tindakan 45%, siklus I 83,3%, siklus II 87,5%, siklus III 95,8%, d) Keaktifan emosi sebelum tindakan 41,6%, siklus I 80,5%, siklus II 88,8%, siklus III 97,2%,. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS) dapat meningkatakan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA.