UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE ENVERIONMENT TECNOLOGY AND SOCIENTY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM SDN 2 TLOBONG DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty (SETS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/13059/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
Sažetak: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV dalam
pembelajaran IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment
Tecnology And Socienty (SETS).
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 12
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar
siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa: a)
Keaktifan indra, sebelum tindakan 41,6%, siklus I 66,6%, siklus II 94,4%, siklus III
100%, b) Keaktifan akal, sebelum tindakan 36,1%, siklus I 69,4%, siklus II 77,7%,
siklus III 86,1%. c) Keaktifan ingatan, sebelum tindakan 45%, siklus I 83,3%, siklus
II 87,5%, siklus III 95,8%, d) Keaktifan emosi sebelum tindakan 41,6%, siklus I
80,5%, siklus II 88,8%, siklus III 97,2%,. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
penerapan Pendekatan Pembelajaran Science Enverionment Tecnology And Socienty
(SETS) dapat meningkatakan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. |
---|