PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIDINA , IMANIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13058/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995779245375488
author PRATIDINA , IMANIA
author_facet PRATIDINA , IMANIA
author_sort PRATIDINA , IMANIA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi kerja dan profesionalisme guru sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan guru. Disamping itu digunakan metode observasi untuk mengkonfirmasi data yang terkumpul melalui angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki tx1 = 0,641 < ttabel = 2,262 sehingga kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel tingkat pendidikan terhadap profesionalisme guru secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,058 > ttabel = 2,228 sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 4,604 dan Ftabel 4,256 sebesar taraf signifikansi 5% atau Fhitung > Ftabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2) mempengaruhi variabel profesionalisme guru (Y). Untuk uji R2 model 2 sebesar 0,483 artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13058
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13058 https://eprints.ums.ac.id/13058/ PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN PRATIDINA , IMANIA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi kerja dan profesionalisme guru sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan guru. Disamping itu digunakan metode observasi untuk mengkonfirmasi data yang terkumpul melalui angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki tx1 = 0,641 < ttabel = 2,262 sehingga kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel tingkat pendidikan terhadap profesionalisme guru secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,058 > ttabel = 2,228 sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 4,604 dan Ftabel 4,256 sebesar taraf signifikansi 5% atau Fhitung > Ftabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2) mempengaruhi variabel profesionalisme guru (Y). Untuk uji R2 model 2 sebesar 0,483 artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/15/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13058/16/Halaman_Lampiran.pdf PRATIDINA , IMANIA (2011) PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070123
spellingShingle L Education (General)
PRATIDINA , IMANIA
PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title_full PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title_fullStr PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title_full_unstemmed PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title_short PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
title_sort profesionalisme guru ditinjau dari tingkat pendidikan dan motivasi kerja di sd negeri 2 borongan polanharjo klaten
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13058/
work_keys_str_mv AT pratidinaimania profesionalismeguruditinjaudaritingkatpendidikandanmotivasikerjadisdnegeri2boronganpolanharjoklaten