PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian in...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: PRATIDINA , IMANIA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13058/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi kerja dan profesionalisme guru sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan guru. Disamping itu digunakan metode observasi untuk mengkonfirmasi data yang terkumpul melalui angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki tx1 = 0,641 < ttabel = 2,262 sehingga kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel tingkat pendidikan terhadap profesionalisme guru secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,058 > ttabel = 2,228 sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 4,604 dan Ftabel 4,256 sebesar taraf signifikansi 5% atau Fhitung > Ftabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2) mempengaruhi variabel profesionalisme guru (Y). Untuk uji R2 model 2 sebesar 0,483 artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain.