PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA DI SD NEGERI 2 BORONGAN POLANHARJO KLATEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan. Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2 Borongan sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian in...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13058/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat
pendidikan dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru di SDN 2 Borongan.
Dalam penelitian ini responden diambil semua populasi guru-guru SDN 2
Borongan sebanyak 12 orang.
Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket,
metode observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk
mengumpulkan data motivasi kerja dan profesionalisme guru sedangkan metode
dokumentasi untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan guru. Disamping itu
digunakan metode observasi untuk mengkonfirmasi data yang terkumpul melalui
angket dan dokumentasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil uji t untuk
variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki tx1 = 0,641
< ttabel = 2,262 sehingga kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel tingkat pendidikan terhadap profesionalisme guru secara
parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,058 > ttabel = 2,228 sehingga terdapat
pengaruh signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap profesionalisme guru
secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 4,604 dan Ftabel 4,256
sebesar taraf signifikansi 5% atau Fhitung > Ftabel. sehingga dapat disimpulkan
bahwa secara simultan variabel Tingkat pendidikan (X1) dan motivasi kerja (X2)
mempengaruhi variabel profesionalisme guru (Y). Untuk uji R2
model 2 sebesar
0,483 artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kerja
terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7%
dipengaruhi oleh variabel lain. |
---|