PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARISTYA, FERRY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13057/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995778968551424
author ARISTYA, FERRY
author_facet ARISTYA, FERRY
author_sort ARISTYA, FERRY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 siswa, dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru matematika kelas IV dan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan naik menjadi 56%, 2) Banyaknya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 16%, sesudah tindakan naik menjadi 64%, 3) Banyaknya mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan sebesar 12%, sesudah tindakan naik menjadi 60%, 4) Banyaknya siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 80%, 5) Banyaknya siswa menyanggah atau menyetujui ide teman sebesar 24%, sesudah tindakan naik menjadi 72%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi genius learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13057
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13057 https://eprints.ums.ac.id/13057/ PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 ARISTYA, FERRY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 siswa, dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru matematika kelas IV dan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan naik menjadi 56%, 2) Banyaknya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 16%, sesudah tindakan naik menjadi 64%, 3) Banyaknya mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan sebesar 12%, sesudah tindakan naik menjadi 60%, 4) Banyaknya siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 80%, 5) Banyaknya siswa menyanggah atau menyetujui ide teman sebesar 24%, sesudah tindakan naik menjadi 72%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi genius learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13057/19/LAMPIRAN.pdf ARISTYA, FERRY (2011) PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070102
spellingShingle L Education (General)
ARISTYA, FERRY
PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi genius learning dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar matematika materi fpb dan kpk pada siswa kelas iv sd n wirogunan 01 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13057/
work_keys_str_mv AT aristyaferry penerapanstrategigeniuslearningdalamupayameningkatkankeaktifanbelajarmatematikamaterifpbdankpkpadasiswakelasivsdnwirogunan01kartasuratahunajaran20102011