PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD N WIROGUNAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 sisw...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13057/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui strategi genius learning. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 Kartasura yang berjumlah 25 siswa, dan obyek
penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau
penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan
pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru matematika kelas IV dan kepala
sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa dalam
mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 8%, sesudah tindakan naik
menjadi 56%, 2) Banyaknya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan
kelas, sebelum tindakan sebesar 16%, sesudah tindakan naik menjadi 64%, 3)
Banyaknya mengemukakan pendapat atau ide, sebelum tindakan sebesar 12%,
sesudah tindakan naik menjadi 60%, 4) Banyaknya siswa menjawab pertanyaan,
sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 80%, 5)
Banyaknya siswa menyanggah atau menyetujui ide teman sebesar 24%, sesudah
tindakan naik menjadi 72%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi
genius learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan
siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar. |
---|