UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, E...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WURYANTI , RINA SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13056/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995778577432576
author WURYANTI , RINA SRI
author_facet WURYANTI , RINA SRI
author_sort WURYANTI , RINA SRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas melalui aspek afektif, yang meliputi (a) Kehadiran siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100%, (b) Keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (c) Kedisiplinan siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100 %, (d) Keberanian bertanya siswa dalam proses pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (e) Kemampuan menjawab pertanyaan siklus I 35,29 % menjadi 100 % pada siklus III. 2) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif, yaitu sebelum tindakan rata-rata kelas 45,88 atau 23, 52% menjadi 89,71 setelah tindakan atau 100% meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode pembelajaran Edutainment dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13056
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13056 https://eprints.ums.ac.id/13056/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011) WURYANTI , RINA SRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas melalui aspek afektif, yang meliputi (a) Kehadiran siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100%, (b) Keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (c) Kedisiplinan siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100 %, (d) Keberanian bertanya siswa dalam proses pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (e) Kemampuan menjawab pertanyaan siklus I 35,29 % menjadi 100 % pada siklus III. 2) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif, yaitu sebelum tindakan rata-rata kelas 45,88 atau 23, 52% menjadi 89,71 setelah tindakan atau 100% meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode pembelajaran Edutainment dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13056/13/09._Lampiran.pdf WURYANTI , RINA SRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070101
spellingShingle L Education (General)
WURYANTI , RINA SRI
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok melalui metode pembelajaran edutainment education entertainment ptk pada siswa kelas iv sd n iii minggarharjo eromoko wonogiri tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13056/
work_keys_str_mv AT wuryantirinasri upayameningkatkanhasilbelajarmatematikapadamaterikubusdanbalokmelaluimetodepembelajaranedutainmenteducationentertainmentptkpadasiswakelasivsdniiiminggarharjoeromokowonogiritahunpelajaran20102011