UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, E...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13056/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran
2010/2011 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data
digunakan teknik triangulasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran
matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil
belajar siswa di kelas melalui aspek afektif, yang meliputi (a) Kehadiran siswa di
kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100%, (b) Keaktifan siswa dalam
pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (c) Kedisiplinan siswa
di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100 %, (d) Keberanian bertanya
siswa dalam proses pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (e)
Kemampuan menjawab pertanyaan siklus I 35,29 % menjadi 100 % pada siklus III.
2) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif, yaitu sebelum tindakan
rata-rata kelas 45,88 atau 23, 52% menjadi 89,71 setelah tindakan atau 100%
meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode pembelajaran Edutainment
dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam
peningkatan prestasi belajar matematika siswa. |
---|