UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT (Education Entertainment)( PTK pada Siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, E...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WURYANTI , RINA SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13056/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N III Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas melalui aspek afektif, yang meliputi (a) Kehadiran siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100%, (b) Keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (c) Kedisiplinan siswa di kelas siklus I sampai siklus III stabil sebesar 100 %, (d) Keberanian bertanya siswa dalam proses pembelajaran siklus I 47,05 % menjadi 100 % pada siklus III, (e) Kemampuan menjawab pertanyaan siklus I 35,29 % menjadi 100 % pada siklus III. 2) Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif, yaitu sebelum tindakan rata-rata kelas 45,88 atau 23, 52% menjadi 89,71 setelah tindakan atau 100% meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode pembelajaran Edutainment dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa.