PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KEC KERJO KAB KARANGANYAR TAHUN 2010/2011
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) apakah proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian melal...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/13055/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto sebelum menggunakan strategi pembelajaran
aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) apakah proses pembelajaran
matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian melalui strategi
pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto. Adapun tujuan penelitian ini
adalah : (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto dalam
pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian
sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And
Getting Answer, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD
Negeri 04 Kuto dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi
perkalian dan pembagian sesudah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe
Giving Question And Getting Answer.
Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah
23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan
terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan,
atau observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan
analisis data yang bersifat Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh
adalah penerapan strategi pembelajaran Giving Question And Getting Answer
dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian dan
pembagian siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto Kec Kerjo Kab Karanganyar Tahun
2010/2011. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika yang semula hanya 61,30%. Pada siklus I hasil belajar yang
dicapai menjadi 73,47% (mengalami peningkatan sebesar 12,17%).Sedangkan
pada siklus II hasil yang dicapai 86,08% (mengalami peningkatan sebesar
12,61%).
|
---|