PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP MATERI BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA KELAS IV SDN 04 KUTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA terhadap materi bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untu...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13054/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi
pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil
belajar IPA terhadap materi bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri 04 Kuto
Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap
peningkatan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV
SDN 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011.
Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah
23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan
terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan,
atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan
analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas
IV SDN 04 Kuto Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti
dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang semula hanya
43,4% siswa. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,2% (mengalami
peningkatan sebesar 21,8%). Sedangkan pada siklus II hasil yang dicapai 82,6%
(mengalami peningkatan sebesar 20,4%). |
---|