PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP MATERI BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA KELAS IV SDN 04 KUTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA terhadap materi bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untu...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: PRASETYANINGRUM , TRIWANITA INDRIANA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/13054/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA terhadap materi bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 04 Kuto Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang semula hanya 43,4% siswa. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,2% (mengalami peningkatan sebesar 21,8%). Sedangkan pada siklus II hasil yang dicapai 82,6% (mengalami peningkatan sebesar 20,4%).