UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NGEMBAT PADAS I GEMOLONG TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Cooperative Script. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Ngembat Padas I Gemolong yang berjumlah 38 sisw...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13053/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran IPA melalui metode Cooperative Script. Jenis Penelitian ini adalah
PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV
SD Negeri Ngembat Padas I Gemolong yang berjumlah 38 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya
materi sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1).
Bertanya/ Mengajukan Pertanyaan sebelum tindakan sebesar 13,16%, pada siklus I
sebesar 26,32%, pada siklus II sebesar 47,37%, dan diakhir siklus sebesar 65,79%. 2).
Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0%, pada siklus I sebesar 36,84%, pada
siklus II sebesar 52,63%, dan diakhir siklus sebesar 73,68%. 3). Menjawab
pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,68%, pada siklus I sebesar 39,47%, pada
siklus II sebesar 57,89%, dan diakhir siklus sebesar 84,21%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa metode Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dalam pembelajaran IPA Khususnya materi sumber daya alam. |
---|