PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong y...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: HANDAYANI, NURUL
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/13052/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
_version_ 1804995777472233472
author HANDAYANI, NURUL
author_facet HANDAYANI, NURUL
author_sort HANDAYANI, NURUL
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya setelah diterapkan strategi tersebut meningkat menjadi 76%. Hal ini berbeda dengan sebelum dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II. Perolehan nilai pada siklus I mencapai 62% (16 siswa) dan pada siklus II mencapai 76% (20 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13052
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13052 https://eprints.ums.ac.id/13052/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011 HANDAYANI, NURUL L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya setelah diterapkan strategi tersebut meningkat menjadi 76%. Hal ini berbeda dengan sebelum dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II. Perolehan nilai pada siklus I mencapai 62% (16 siswa) dan pada siklus II mencapai 76% (20 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/3/3.BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/4/4.BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/8/5.BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/9/6.BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/13/7.BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/14/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13052/18/9.LAMPIRAN.pdf HANDAYANI, NURUL (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070084
spellingShingle L Education (General)
HANDAYANI, NURUL
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
title_sort peningkatan hasil belajar ipa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search kelas v sdn 03 blorong tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13052/
work_keys_str_mv AT handayaninurul peningkatanhasilbelajaripamaterigayamelaluipenerapanstrategipembelajaraninformationsearchkelasvsdn03blorongtahun20102011