PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong y...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13052/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information
search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek
penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong yang berjumlah
26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, wawancara
dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis
interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada
materi gaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami
peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya setelah diterapkan strategi
tersebut meningkat menjadi 76%. Hal ini berbeda dengan sebelum dilakukannya
tindakan siklus I dan siklus II. Perolehan nilai pada siklus I mencapai 62% (16
siswa) dan pada siklus II mencapai 76% (20 siswa). Penelitian ini menyimpulkan
bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. |
---|