PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitia...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/13051/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804995777202749440 |
---|---|
author | RIYADI , DANANG SUGENG |
author_facet | RIYADI , DANANG SUGENG |
author_sort | RIYADI , DANANG SUGENG |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran
IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA
dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk
hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah
32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif.
Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara
aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan
masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan
nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV
SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I
meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24
siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah
mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan
penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam
pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan
hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13051 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13051 https://eprints.ums.ac.id/13051/ PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 RIYADI , DANANG SUGENG L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah 32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24 siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/7/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/19/9._LAMPIRAN.pdf RIYADI , DANANG SUGENG (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070082 |
spellingShingle | L Education (General) RIYADI , DANANG SUGENG PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan metode problem based learning pbl untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi makhluk hidup dan lingkungan pada siswa kelas iv sd negeri kartasura 04 tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13051/ |
work_keys_str_mv | AT riyadidanangsugeng penerapanmetodeproblembasedlearningpbluntukmeningkatkanhasilbelajaripamaterimakhlukhidupdanlingkunganpadasiswakelasivsdnegerikartasura04tahunpelajaran20102011 |