PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIYADI , DANANG SUGENG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13051/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995777202749440
author RIYADI , DANANG SUGENG
author_facet RIYADI , DANANG SUGENG
author_sort RIYADI , DANANG SUGENG
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah 32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24 siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13051
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13051 https://eprints.ums.ac.id/13051/ PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 RIYADI , DANANG SUGENG L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah 32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24 siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/7/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13051/19/9._LAMPIRAN.pdf RIYADI , DANANG SUGENG (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070082
spellingShingle L Education (General)
RIYADI , DANANG SUGENG
PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode problem based learning pbl untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi makhluk hidup dan lingkungan pada siswa kelas iv sd negeri kartasura 04 tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13051/
work_keys_str_mv AT riyadidanangsugeng penerapanmetodeproblembasedlearningpbluntukmeningkatkanhasilbelajaripamaterimakhlukhidupdanlingkunganpadasiswakelasivsdnegerikartasura04tahunpelajaran20102011