PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARTASURA 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIYADI , DANANG SUGENG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13051/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kartasura 04 serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada materi makhluk hidup dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 yang berjumlah 32 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswa perempuan berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindak mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kartasura 04 sebelum tindakan hanya 40,6% (13 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 68,8% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 75% (24 siswa), dan pada siklus III meningkat menjadi 84,4% (27 siswa) sehingga telah mencapai indikator penelitian 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi makhluk hidup dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Kartasura 04.