PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH , ERVINA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13050/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995776929071104
author WAHYUNINGSIH , ERVINA
author_facet WAHYUNINGSIH , ERVINA
author_sort WAHYUNINGSIH , ERVINA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1 tahun ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata kelas, ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B, 2)10 siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk uji validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik menentukan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika sebelum dan setelah eksperimen (post test dan pre test). Sebagai matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji hipotesisnya adalah hasil post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes pilihan ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136 dengan db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian t0 > tt. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan pemberian model pembelajaran terarah bagi anak berkesulitan belajar matematika akan berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13050
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13050 https://eprints.ums.ac.id/13050/ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011   WAHYUNINGSIH , ERVINA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1 tahun ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata kelas, ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B, 2)10 siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk uji validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik menentukan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika sebelum dan setelah eksperimen (post test dan pre test). Sebagai matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji hipotesisnya adalah hasil post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes pilihan ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136 dengan db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian t0 > tt. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan pemberian model pembelajaran terarah bagi anak berkesulitan belajar matematika akan berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13050/11/LAMPIRAN.pdf WAHYUNINGSIH , ERVINA (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070045
spellingShingle L Education (General)
WAHYUNINGSIH , ERVINA
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title_full PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title_fullStr PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title_full_unstemmed PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title_short PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011  
title_sort pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas iii di sd negeri mangkubumen kidul n0 16 surakarta tahun pembelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13050/
work_keys_str_mv AT wahyuningsihervina pengaruhmodelpembelajaranterarahdenganmediapuzzleterhadapprestasibelajarmatematikabagianakberkesulitanbelajarmatematikakelasiiidisdnegerimangkubumenkiduln016surakartatahunpembelajaran20102011