PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13050/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika
bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen
Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang
berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan
menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang
mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1 tahun
ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata kelas,
ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B, 2)10
siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk uji
validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik
menentukan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan
untuk memperoleh data nilai asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran
2010/2011. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar
matematika sebelum dan setelah eksperimen (post test dan pre test). Sebagai
matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji hipotesisnya adalah hasil
post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes
pilihan ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136 dengan
db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian t0 > tt. Hal ini
berarti hipotesis yang menyatakan pemberian model pembelajaran terarah bagi
anak berkesulitan belajar matematika akan berpengaruh positif terhadap
peningkatan prestasi belajar dapat diterima kebenarannya. |
---|