BIMBINGAN KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TRANGSAN GATAK SUKOHARJO TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, berusaha mengungkapkan gejala yang dikaji secara menyeluruh dan sesuai dengan keadaan yang ada, dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui jenis-j...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURNAMASARI , ERLINA CATUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13049/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, berusaha mengungkapkan gejala yang dikaji secara menyeluruh dan sesuai dengan keadaan yang ada, dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar matematika di kelas III. (2) Mengetahui karateristik siswa yang berkesulitan belajar matematika di kelas III. (3) Mengetahui faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika di kelas III. (4) Mengetahui upaya membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas III. Berdasarkan penelitian pembelajaran matematika ditemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran matematika, maka untuk menanganinya diperlukan pemberian bimbingan kesulitan belajar. Pemberian bimbingan dapat dilakukan saat pembejaran berlangsung, remidi dan pemberian jam tambahan di luar jam pembelajaran. Dengan bimbingan kesulitan belajar pada pembelajaran matematika dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran matematika.