PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 201...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13047/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995776119570432 |
---|---|
author | PRATIWI, SEPTIANA DYAH |
author_facet | PRATIWI, SEPTIANA DYAH |
author_sort | PRATIWI, SEPTIANA DYAH |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan
menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia
flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta
pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan
menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia
flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan
strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I
sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan
kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan
suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%,
2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 61
sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%)
pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi
pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP
Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13047 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13047 https://eprints.ums.ac.id/13047/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 PRATIWI, SEPTIANA DYAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai 61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/22/9._lampiran.pdf PRATIWI, SEPTIANA DYAH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070136 |
spellingShingle | L Education (General) PRATIWI, SEPTIANA DYAH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas viii c smp muhammadiyah 4 surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13047/ |
work_keys_str_mv | AT pratiwiseptianadyah penerapanstrategipembelajaraneveryoneisateacherheredenganmacromediaflashuntukmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarbiologisiswakelasviiicsmpmuhammadiyah4surakartatahunajaran20102011 |