PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 201...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIWI, SEPTIANA DYAH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13047/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995776119570432
author PRATIWI, SEPTIANA DYAH
author_facet PRATIWI, SEPTIANA DYAH
author_sort PRATIWI, SEPTIANA DYAH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13047
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13047 https://eprints.ums.ac.id/13047/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 PRATIWI, SEPTIANA DYAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13047/22/9._lampiran.pdf PRATIWI, SEPTIANA DYAH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070136
spellingShingle L Education (General)
PRATIWI, SEPTIANA DYAH
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas viii c smp muhammadiyah 4 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13047/
work_keys_str_mv AT pratiwiseptianadyah penerapanstrategipembelajaraneveryoneisateacherheredenganmacromediaflashuntukmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarbiologisiswakelasviiicsmpmuhammadiyah4surakartatahunajaran20102011