PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 201...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIWI, SEPTIANA DYAH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13047/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.