PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAP) DENGAN MEDIA VISUAL POKOK MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran serta media pembelajaran yang cocok bagi pembelajaran, salah satunya yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran peta konsep dengan media visual pada pembelajaran biologi. Strategi pembelajaran peta k...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13044/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan
metode pembelajaran serta media pembelajaran yang cocok bagi pembelajaran,
salah satunya yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran peta konsep dengan
media visual pada pembelajaran biologi. Strategi pembelajaran peta konsep
merupakan strategi yang meminta peserta didik untuk membuat satu gambar
tentang konsep-konsep utama yang saling berhubungan, yang ditandai dengan
garis panah ditulis label yang membunyikan bentuk hubungan antar konsep-
konsep utama, sehingga siswa nanti bisa berfikir secara kreatif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA
SMPN 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011melalui penerapan strategi
pembelajaran peta konsep dengan media visual pada pokok materi Ekosistem.
Metode penelitian ini teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dialog
awal, metode observasi, metode tes, metode dokumentasi Hasil penelitian yang
diperoleh menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 51,00 dan rata-rata hasil belajar pada
siklus I (aspek kognitif= 62,00 atau meningkat sebesar 11 dari nilai awal); aspek
afektif=11,20 (siswa kurang berminat). Rata-rata hasil belajar siklus II (aspek
kognitif= 74,75 atau meningkat sebesar 12,75 dari siklus I); aspek afektif=16,28
(siswa cukup berminat) atau meningkat sebesar 5,08 dari siklus I. Rata-rata hasil
belajar pada siklus III (aspek kognitif= 79,13 atau meningkat sebesar 4,38 dari
siklus II); aspek afektif=21,20 (siswa berminat) atau meningkat 4,92 dari siklus II.
Hal tersebut menunjukkan setelah diberikan materi dengan penerapan strategi peta
konsep berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 11
point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi peta konsep
dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar biologi pokok materi
Ekosistem pada siswa kelas VIIA SMPN 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran
2010/2011. |
---|