PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )

Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NASHIHAH , DURROTUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13043/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995775036391424
author NASHIHAH , DURROTUN
author_facet NASHIHAH , DURROTUN
author_sort NASHIHAH , DURROTUN
collection ePrints
description Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Salafiyah Mrisi, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12% meningkat menjadi 44,44% pada akhir tindakan, b) aktif bekerjasama sebelum tindakan 28% meningkat menjadi 70,34% pada akhir tindakan, c) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 25,93% pada akhir tindakan, d) memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 48,15% pada akhir tindakan, e) mampu mengkonstruksikan soal ke model matematika sebelum tindakan 8% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan, dan (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 36% meningkat menjadi 85,19% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13043
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13043 https://eprints.ums.ac.id/13043/ PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi ) NASHIHAH , DURROTUN L Education (General) Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Salafiyah Mrisi, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12% meningkat menjadi 44,44% pada akhir tindakan, b) aktif bekerjasama sebelum tindakan 28% meningkat menjadi 70,34% pada akhir tindakan, c) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 25,93% pada akhir tindakan, d) memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 4% meningkat menjadi 48,15% pada akhir tindakan, e) mampu mengkonstruksikan soal ke model matematika sebelum tindakan 8% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan, dan (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 36% meningkat menjadi 85,19% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/1/2._HALAMAN_AWAL.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13043/19/9._LAMPIRAN.pdf NASHIHAH , DURROTUN (2011) PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070297
spellingShingle L Education (General)
NASHIHAH , DURROTUN
PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title_full PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title_short PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
title_sort penerapan strategi react dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep segi empat ptk pembelajaran matematika kelas viia semester ii di mts salafiyah mrisi
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13043/
work_keys_str_mv AT nashihahdurrotun penerapanstrategireactdalampembelajaranmatematikadenganmengoptimalkanalatperagasebagaiupayameningkatkanpemahamankonsepsegiempatptkpembelajaranmatematikakelasviiasemesteriidimtssalafiyahmrisi