PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NING TYAS, DYAH RETNO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13042/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995774767955968
author NING TYAS, DYAH RETNO
author_facet NING TYAS, DYAH RETNO
author_sort NING TYAS, DYAH RETNO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji variansi satu jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Posing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13042
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13042 https://eprints.ums.ac.id/13042/ PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA NING TYAS, DYAH RETNO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji variansi satu jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Posing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13042/19/Lampiran.pdf NING TYAS, DYAH RETNO (2011) PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070292
spellingShingle L Education (General)
NING TYAS, DYAH RETNO
PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title_full PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title_fullStr PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title_full_unstemmed PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title_short PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
title_sort pengaruh penggunaan concept mapping dengan metode problem posing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13042/
work_keys_str_mv AT ningtyasdyahretno pengaruhpenggunaanconceptmappingdenganmetodeproblemposingdalampembelajaranmatematikaterhadaphasilbelajarsiswa