PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13042/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept
Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta
yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 75
siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji
variansi satu jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji
prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet
untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%
diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode
Problem Posing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. |
---|