PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13040/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995774226890752 |
---|---|
author | WIJAYANTI, ANITA |
author_facet | WIJAYANTI, ANITA |
author_sort | WIJAYANTI, ANITA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial
ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh
kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui
pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar
terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP
Negeri 2 Godong Kabupaten Grobogan semester genap tahun ajaran 2010/2011.
Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang diambil secara acak dari seluruh
siswa kelas IX yang berjumlah 90 peserta didik. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil analisis disimpulkan
bahwa: ada pengaruh dari status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar
matematika, ada pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar
matematika, ada pengaruh bersama-sama antara status sosial ekonomi keluarga
dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Persentase
sumbangan yang diberikan oleh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas
belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 31,9%, sumbangan efektifnya
diperoleh pengaruh kelengkapan fasilitas belajar mendominasi terhadap
peningkatan hasil belajar matematika sebesar 22,77% sedangkan status sosial
ekonomi keluarga sebesar 9,12%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13040 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13040 https://eprints.ums.ac.id/13040/ PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 WIJAYANTI, ANITA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Godong Kabupaten Grobogan semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang diambil secara acak dari seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 90 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil analisis disimpulkan bahwa: ada pengaruh dari status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh bersama-sama antara status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Persentase sumbangan yang diberikan oleh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 31,9%, sumbangan efektifnya diperoleh pengaruh kelengkapan fasilitas belajar mendominasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika sebesar 22,77% sedangkan status sosial ekonomi keluarga sebesar 9,12%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/6/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13040/8/09_LAMPIRAN.pdf WIJAYANTI, ANITA (2011) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070248 |
spellingShingle | L Education (General) WIJAYANTI, ANITA PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title | PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title_full | PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title_short | PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011 |
title_sort | pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas ix semester genap smp negeri 2 godong tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13040/ |
work_keys_str_mv | AT wijayantianita pengaruhstatussosialekonomikeluargadankelengkapanfasilitasbelajarterhadaphasilbelajarmatematikapadasiswakelasixsemestergenapsmpnegeri2godongtahunajaran20102011 |