PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/13040/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh status sosial
ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh
kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui
pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas belajar
terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP
Negeri 2 Godong Kabupaten Grobogan semester genap tahun ajaran 2010/2011.
Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang diambil secara acak dari seluruh
siswa kelas IX yang berjumlah 90 peserta didik. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil analisis disimpulkan
bahwa: ada pengaruh dari status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar
matematika, ada pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar
matematika, ada pengaruh bersama-sama antara status sosial ekonomi keluarga
dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Persentase
sumbangan yang diberikan oleh status sosial ekonomi keluarga dan kelengkapan fasilitas
belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 31,9%, sumbangan efektifnya
diperoleh pengaruh kelengkapan fasilitas belajar mendominasi terhadap
peningkatan hasil belajar matematika sebesar 22,77% sedangkan status sosial
ekonomi keluarga sebesar 9,12%. |
---|