PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13039/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995773954260992 |
---|---|
author | SETYANINGSIH , YULIA DEVI |
author_facet | SETYANINGSIH , YULIA DEVI |
author_sort | SETYANINGSIH , YULIA DEVI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving
Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 24 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan
teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah
adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika
meliputi: (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan,
sebelum tindakan 2 siswa (8,3%) dan setelah tindakan menjadi 15 siswa
(62,5%); (b) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sebelum
tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 18
siswa (75%); (c) keberanian untuk presentasi, sebelum tindakan sebanyak
3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 10 siswa (41,6%); (d)
perhatian siswa terhadap pembelajaran, sebelum tindakan sebanyak 9
siswa (37,5%) dan setelah tindakan sebanyak 20 siswa (83%). Kesimpulan
dari penelitian ini adalah Implementasi Improving Learning dengan
strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13039 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13039 https://eprints.ums.ac.id/13039/ PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) SETYANINGSIH , YULIA DEVI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan, sebelum tindakan 2 siswa (8,3%) dan setelah tindakan menjadi 15 siswa (62,5%); (b) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 18 siswa (75%); (c) keberanian untuk presentasi, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 10 siswa (41,6%); (d) perhatian siswa terhadap pembelajaran, sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (37,5%) dan setelah tindakan sebanyak 20 siswa (83%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/5/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/7/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13039/13/9._LAMPIRAN.pdf SETYANINGSIH , YULIA DEVI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070151 |
spellingShingle | L Education (General) SETYANINGSIH , YULIA DEVI PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi improving learning dengan strategi group resume ptk di smp negeri 1 boyolali tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13039/ |
work_keys_str_mv | AT setyaningsihyuliadevi peningkatankeaktifansiswadalampembelajaranmatematikamelaluiimplementasiimprovinglearningdenganstrategigroupresumeptkdismpnegeri1boyolalitahunajaran20102011 |