PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: SETYANINGSIH , YULIA DEVI
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/13039/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan, sebelum tindakan 2 siswa (8,3%) dan setelah tindakan menjadi 15 siswa (62,5%); (b) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 18 siswa (75%); (c) keberanian untuk presentasi, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 10 siswa (41,6%); (d) perhatian siswa terhadap pembelajaran, sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (37,5%) dan setelah tindakan sebanyak 20 siswa (83%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.